Akurat Nggak ??

Pertanyaan-pertanyaan  ini adalah pertanyaan yang paling sering diajukan pembeli ketika menelpon ke saya “Berapa dalam kemampuannya Pak ?”, “Akurat nggak ?”, “Bisa untuk detek emas-emas yang dibatu-batu Nggak ?”

Jawabannya adalah TERGANTUNG…😀

  1. Tergantung duit
  2. Tergantung ada tidaknya emas
  3. Tergantung mujurnya anda

He…he…he.. jawaban ngawur. Oke kita lebih sedikit professional. Ada beberapa jawaban dari beberapa pertanyaan di atas :

1. Kondisi Tanah
Keadaan mineral (banyak tidaknya mineral) dalam tanah akan sangat berpengaruh terhadap daya detek alat deteksi emas anda. Sehingga anda perlu menyeimbangkan alat deteksi anda dengan keadaan mineral tanah. Alat deteksi yang bagus sudah memiliki fitur ini yang dikenal dengan nama ground balance.

2. Lamanya objek (emas, perunggu, perak dll) yang terkubur di dalam tanah.
Berbagai bahan kimia dalam tanah dapat memiliki beberapa tindakan korosif terhadap logam. Setiap logam memiliki kecepatan korosi yang berbeda-beda. Semakin terkorosi semakin mudah terdeteksi. Sayangnya untuk emas tidak bisa terkorosi. Tembaga dan perak memiliki daya korosi yang sedikit. Jika logam sudah terkorosi maka tanah akan bersifat konduktif dan mengakibatkan logam yang terkorosi tersebut terlihat lebih besar dari yang seharusnya.

3. Besarnya emas
Semakin besar emas, semakin mudah di deteksi. Semakin dalam ke tanah letak emas akan semakin sulit di deteksi.

4. Bentuk emas/logam lain
Pada dasarnya setiap alat deteksi emas menggunakan frekuensi sinyal-sinyal tertentu untuk mendeteksi keberadaan emas/logam lain. Dan ketika sinyal tersebut menyentuh emas/logam lain, sinyal tersebut akan diradiasikan kembali ke alat deteksi. Bentuk yang paling mudah di deteksi adalah berbentuk ring (bulat), piring, koin, yang tergeletak tidur (bukan berdiri) di dalam tanah.

5. Berapa dalam bisa mendeteksi emas…?
Setiap metal detektor mempunyai tingkat deteksi kedalaman yang berbeda-beda (selain faktor-faktor yang telah disebutkan di atas). Pada umumnya berdasarkan ukuran metal detektor dapat mendeteksi :

  • Emas/logam berukuran 21 mm bisa di deteksi sampai kedalaman 20 cm
  • Emas/logam berukuran 30 mm bisa di deteksi sampai kedalaman 30 cm
  • Emas/logam berukuran sama dengan penutup kaleng di deteksi sampai   kedalaman 40 cm

Tapi ukuran tersebut bukanlah ukuran pasti tapi dipengaruhi oleh hal-hal lain seperti yang disebutkan di atas, kondisi mineral tanah, besar objek, dan alat deteksi emas  itu sendiri. Kalo yang kedalamannya di atas 15 meter ada nggak pak…? bahkan ada yang tanya kalo 100 meter ada nggak pak…?. Saya jawab mungkin ada (Kok mungkin ??? karena kalau 100 meter saya sendiri nggak tau). Tapi bukan metal detektor yang dipakai pada umumnya melainkan untuk industri dan harganya sangat mahal untuk pasar Indonesia sampai ratusan juta.

 

About bambangtko

Abdillah Bambang Kamah, S.IK 085240934620 Life Is Worth Like A Gold...
This entry was posted in Info Detektor Emas and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Akurat Nggak ??

  1. natalia says:

    saya mau mentusun tugas akhir bang, kira2 mengenai detektor ini bagaimana saya bisa mengembangkannya untuk menjadi topik skripsi?
    thx n GBU

    • bambangtko says:

      Silahkan anda pilih tentukan judul dulu terus dikembangkan. Mengenai sumber tulisan saya rasa yang bahasa Indonesia sangat sedikit sekali, paling banyak berbahasa Inggris.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s